Lanjut ke konten

Ini amanat Kapolri pada HUT Brimob di Papua

Laksanakan pemetaan potensi gangguan secara cermat dan persiapkan seluruh pelaksanaan tugas dengan optimal.

Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin

FojaOnline – Ini amanat Kapolri Jenderal Polisi M Tito Karnavian pada saat acara puncak perayaan HUT Brimob ke-73 yang dipusatkan di GOR Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua.

Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin yang bertindak selaku inspektur upacara membacakan amanat Kapolri.

Adapun isi dari amanat tersebut. “Saya Selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (NKRI), dengan penuh rasa bangga saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-73 Korps Brimob Polri, semoga Brimob Polri semakin dicintai masyarakat dan senantiasa memberikan darma bakti terbaik kepada NKRI yang kita cintai ini”.

Melalui berbagai penugasan, Brimob Polri telah menunjukkan kontribusi nyata yang bernilai penting bagi pemeliharaan stabilitas kamtibmas di Indonesia. Sebagai satuan elit Polri, Brimob berhasil dalam mendukung pengamanan Pilkada Serentak 2018 pada 171 wilayah, pengamanan Operasi Ketupat 2018, maupun berbagai event internasional seperti Asian Games 2018, Asian Para Games 2018, dan IMF-World Bank Annual Meeting 2018.

Brimob juga bergerak cepat dalam membantu penanganan korban bencana alam, baik di Nusa Tenggara Barat maupun pada bencana alam yang terjadi di Sulawesi Tengah, sehingga proses evakuasi bisa berjalan dengan cukup baik, termasuk dalam penanganan pasca kejadian.

“Saya juga mengapresiasi peran serta Brimob dalam mendukung terlaksananya operasi penegakan hukum terhadap jaringan terorisme di Sulawesi Tengah dan kelompok kriminal bersenjata di Papua; serta pengamanan berbagai aksi unjuk rasa dengan jumlah massa yang besar. Demikian pula dengan torehan prestasi para personel Brimob di berbagai event kejuaraan menembak dan penugasan lain di luar negeri”.

Eksistensi yang telah ditunjukkan satuan Brimob, turut memberikan point positif dalam upaya institusi Polri untuk terus meningkatkan kepercayaan publik. “Sebagaimana telah sering saya utarakan, bahwa selaku pimpinan Polri saya sangat mengharapkan dukungan penuh para personel Brimob, untuk mendukung tugas-tugas penting yang dibebankan kepada Polri”.

Pemolisian di era demokrasi bertumpu pada upaya untuk meraih kepercayaan publik/public trust, selaku pemegang kekuasaan tertinggi negara. “Untuk meraih kepercayaan publik terhadap Polri, saya telah menetapkan Program Promoter dengan tiga kebijakan utama, yaitu peningkatan kinerja yang diwujudkan dengan peningkatkan kualitas pelayanan publik, profesionalisme dalam penegakan hukum, dan pemeliharaan kamtibmas secara optimal”.

Lalu, perbaikan kultur yang diwujudkan dengan menghilangkan budaya koruptif, menghilangkan arogansi kekuasaan, dan menghilangkan kekerasan eksesif; serta manajemen media yang diwujudkan dengan pengelolaan media konvensional dan media sosial secara optimal.

Implementasi dari program kebijakan promoter telah berjalan dengan baik, termasuk yang dilakukan oleh personel Brimob utamanya dalam peran dan tugas penanggulangan gangguan kamtibmas berintensitas tinggi.

“Karena itu, pada kesempatan ini saya mengingatkan tentang berbagai tantangan tugas ke depan yang akan segera kita hadapi, antara lain pelaksanaan Operasi Lilin 2018, serta pengamanan tahapan Pemilu Tahun 2019 yang saat ini tengah berlangsung”.

Pemilu 2019 memiliki karakteristik dan potensi kerawanan yang khas karena antara Pileg dan Pilpres dilaksanakan secara bersamaan, sehingga berpotensi menimbulkan kompleksitas dalam tahap pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara.
Seluruh agenda nasional tersebut harus terselenggara secara aman, lancar, dan damai. Sebagaimana tema yang diangkat dalam Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Korps Brimob Polri tahun 2018, yaitu “Korps Brimob Polri yang Promoter Siap Mengamankan Agenda Kamtibmas Tahun 2018 dan 2019”.

“Sebelum mengakhiri amanat ini, saya akan menyampaikan beberapa perhatian kepada seluruh personel Korps Brimob Polri dimanapun saudara bertugas senantiasa tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan”.

Jaga kehormatan pribadi, kesatuan, dan institusi Polri, dengan menghindarkan diri dari berbagai pelanggaran dan perbuatan yang dapat merusak nama baik dan mencederai kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri, terus pelihara kesiapsiagaan personel, serta sarana dan prasarana pendukung.

Laksanakan pemetaan potensi gangguan secara cermat dan persiapkan seluruh pelaksanaan tugas dengan optimal. Jangan pernah lelah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Terus belajar dan berlatih guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas serta jalin kerja sama sinergis dengan seluruh elemen bangsa, pemangku kepentingan, dan masyarakat.

Jaga kerukunan dengan personel TNI di semua tingkatan, baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari.

“Demikian amanat saya, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan petunjuk dan kekuatan kepada kita sekalian, dalam melanjutkan tugas pengabdian terbaik bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Cap tertanda jenderal polisi Prof. H. MUHAMMAD TITO KARNAVIAN, Ph.D.(*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: