Lanjut ke konten

Jokowi resmikan monumen kapsul waktu di Merauke

Didalam kapsul waktu tersebut ada tujuh mimpi anak bangsa yang ditulis dan disimpan

Presiden Jokowi bersama ibu negara Iriani berpose bersama anak-anak usai meresmikan monumen kapsul waku di Merauke, Papua. (Foto : Istimewa)

FojaOnline – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan monumen kapsul waktu yang terletak di Jalan Brawijaya, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, pada Jumat pekan ini sekitar pukul 09.00 WIT.

Peresmian itu selain dihadiri oleh pejabat negara dan daerah, juga dibanjiri 1.000-an pelajar dan masyarakat di negeri Anim Ha tersebut.

Dalam sambutannya sebagaimana yang diterima dari Humas Polda Papua, Presiden Jokowi mengatakan setelah mengelilingi seluruh provinsi di Indonesia Expedisi Kapsul Waktu ini akan membawa mimpi yang sudah dibawa dari ujung Indonesia bagian barat sampai dengan bagian timur.

Didalam Kapsul waktu tersebut ada tujuh mimpi anak bangsa yang ditulis dan disimpan yang isinya, pertama SDM yang kecerdasaanya mengungguli bangsa bangsa lain. Kedua, masyarakat Indonesia yang menjujung tinggi prulalisme, budaya dan etika.

Ketiga, Indonesia menjadi negara pusat pendidikan peradaban. Empat, aparat dan masyarakat Indonesia bebas dari korupsi.Lima, membangun infrastruktur.

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriani didampingi Bupati Merauke Frederikus Gebze dan anak-anak berpose didepan monumen kapsul waktu di Kabupaten Merauke, Papua.

Enam, Indonesia menjadi negara yang mandiri yang berpanguruh di negara asia pasifik dan ketujuh, Indonesia menjadi narometer pertumbuhan ekonomi dunia.

“Kapsul waktu ini akan dibuka pada 2085, apabila dibuka oleh generasi kita apa yang menjadi mimpi kita sekarang sudah bisa diwujudkan karena ini bukan momen biasa,” katanya.

“Saya mengajak generasi kita ini untuk memulai gerakan ayo kerja, untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita semua. Saya yakin dari tujuh mimpi anak bangsa tersebut apabila kita semua mau bekerjasama, bersatu dan Optimis bisa terwujud,” sambung Jokowi.

Pekerjaan monumen ini, kata dia, bukan pekerjaan satu generasi namun ini adalah pekerjaan untuk beberapa generasi karena semua tidak ada yang mudah. “Kita harus berani mengambil pilihan yang sulit demi meraih keberhasilan,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sementara itu, sambutan dari Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan hari ini adalah hari bersejarah bahwa impian bangsa Indonesia akan menjadi kenyataan.

Presiden Jokowi saat menuruni anak tangga di monumen kapsul waktu Kabupaten Merauke, Papua.

“Saya atas nama masyarakat Papua menyampaikan selamat datang atas ke sepuluh kalinya pak Presiden RI Ke Papua, ini membuktikan bahwa Presiden RI sangat cinta Papua. Mari kita selalu doakan yang terbaik untuk Presiden RI supaya bisa membangun bangsa Indonesia dengan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Lukas Enembe.

Usai itu, acara dilanjutkan dengan enandatanganan prasasti oleh Presiden RI yang didampingi oleh Menteri PU dan disaksikan oleh tamu undangan. Setelah itu, dilaksanakan peletakan kapsul waktu oleh 36 anak diatas monumen kapsul waktu.

Pada saat Presiden Jokowi menuju kapsul waktu yang menaiki 105 buah anak tangga didampingi Gubernur Lukas Enembe, Ibu Negara Iriani menggendong seorang anak Papua yang akan melakukan proses pemasukan kapsul waktu kedalam cangkang.

Pada saat peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-70, pada 17 Agustus 2015, sejumlah putera puteri bangsa mengadakan kegiatan Indonesia Raya Melintasi Waktu 2015-2085 degan menggunakan Ekspedisi Kapsul Waktu.

Dalam kapsul waktu tersebut terdapat mimpi-mimpi dan harapan para putera puteri Indonesia dalam rangka pencanangan Gerakan Nasional 70 Tahun Indonesia Merdeka dengan tema “Ayo Kerja”.

Presiden Jokowi menggendong anak asli Merauke yang merupakan penerus generasi Papua dan Indonesia pada masa yang akan datang.

Kapsul waktu telah melaksanakan ekspedisi secara estafet ke seluruh Indonesia dan berakhir di Kabupaten Merauke, Papua pada Desember 2015.

Kapsul waktu pertama diisi oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo dengan catatan catatan, poin-poin dan mimpi harapan Indonesia Raya 70 Tahun ke depan.

Monumen kapsul waktu di Merauke didirikan sebagai tempat untuk menyimpan kapsul mimpi dari perwakilan 34 Provinsi, satu kapsul mimpi dari Presiden Joko widodo.

Dan satu kapsul mimpi lainnya dari para tokoh nasional MPR dan DPR sehingga berjumlah menjadi 36 buah kapsul waktu yang akan dibuka kembali pada 70 tahun mendatang yaitu pada 2085 yang diharapkan bisa menjadi media perbaikan bagi kehidupan bernegara Bangsa Indonesia.

Hadir dalam acara peresmian itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Prof Dr Pratikno M.Soc.Sc, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol HM Tito Karnavian.

Presiden Jokowi bersalaman dengan Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin

Pangarmada III Laksda TNI ING Ariawan, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring, Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin, Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe, Kabinda Papua Brigjen TNI Abdul Haris Napoleon, Danrem 174/Atw Brigjen TNI (Han) Raden Abdurrauf, SIP M.Tr.

Danlantamal XI Merauke Brigjen TNI (Mar) I Ketut Suarya, Bupati Merauke Frederikus Gebze SE M.Si, Kapolres Merauke AKBP Bahara Marpaung, Pejabat Utama TNI, pejabat utama Kodam XVII Cenderwasih dan pejabat utama Polda Papua serta tamu undangan.(*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: