Lanjut ke konten

Kesbangpol-kepolisian sosialisasi Pemilu 2019 bagi kaum milenial

Pada momentum itu, tak hanya diberikan informasi terkait Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 tetapi juga dikenalkan betapa pentingnya kesadaran untuk memilih pemimpin lima tahun ke depan.

Suasanan sosialisasi pemilu kepada kaum milenial atau pemilih pemula di SMA Negeri 1 Edera, Kepi, Kabupaten Mappi, Papua

FojaOnline – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mappi bersama Kepolisian Resor Mappi menggelar sosialisasi pendidikan politik dan perundang undangan bagi kaum milenial atau pemilih pemula di SMA Negeri 1 Edera, Kepi, Kabupaten Mappi, Papua.

Sosialisasi dilakukan pada Kamis (23/11) dengan melibatkan pelajar dari SMA Negeri 1 Edera sebagai peserta, guna mengedukasi mereka dalam menghadapi Pemilu 2019.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Mappi F August Bouway dalam sambutannya mengatakan, pemilu merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat, dimana rakyat dapat memilih pemimpin politik secara langsung dan pemilih pemula adalah pemilih yang baru pertama kali akan melakukan penggunaan hak pilihnya.

“Pemilih pemula adalah masyarakat yang telah memenuhi syarat umur sudah 17 tahun, sudah/pernah kawin, dan purnawirawan/tidak lagi menjadi anggota TNI/Polri,” katanya.

Para pelajar usia pemilih pemula agar tidak perlu khawatir jika belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), karena hak pilihnya tetap bisa digunakan dalam Pemilu 2019 nanti.

“Bagi yang sudah melakukan perekaman e-KTP, yakni cukup dengan mengantongi Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan identitas sudah masuk dalam Kartu Keluarga (KK),” jelas Bouway saat acara sosialisasi di SMA Negeri 1 Edera.

Hal senada dikatakan oleh Kapolsek Edera Ipda Izak Rumboy bahwa seluruh pemilih pemula dari kalangan pelajar dapat menggunakan hak pilihnya secara baik.

“Sosialisasi ini sebagai upaya melakukan pendidikan berdemokrasi bagi para pemilih pemula agar terhindar dari informasi yang tak benar. Mereka perlu kita dorong agar mau datang ke tempat pemungutan suara untuk menyampaikan pilihan dan aspirasinya,” kata Ipda Izak.

Pada momentum itu, tak hanya diberikan informasi terkait Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 tetapi juga dikenalkan betapa pentingnya kesadaran untuk memilih pemimpin lima tahun ke depan.

“Karena pemilihan pemimpin itu perwujudan eksekutif, yang mengatur tata kehidupan bermasyarakat. Pemilu juga satu-satunya cara bersifat konstitusional untuk proses pergantian kepemimpinan,” katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: