Lanjut ke konten

Kapolda Papua kunjungi taman baca Somatua Mimika

Pada momentum itu, Kapolda Papua menyampaikan terima kasih atas sumbangsih dan darma bakti yang diberikan oleh guru-guru di yayasan tersebut kepada anak-anak di Mimika

Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin bersama Ketua Bhayangkari Ny Risma berpose bersama anak-anak dan guru di depan taman baca Somatua, Kabupaten Mimika, Papua

FojaOnline – Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin bersama Ketua Bhayangkari Daerah Papua Ny Risma Martuani Sormin kunjungi Taman Baca Somatua Kemala SP2 belakang Gereja Horeb Jalan Mangga Jalur III Timika Jaya, Kabupaten Mimika, Papua.

Kapolda Papua bersama Ketua Bhayangkari Daerah Papua ketika tiba langsung disambut dengan tarian adat, sekaligus pengalungan noken sebagai tanda selamat datang.

Disini, Ketua Bhayangkari Daerah Papua yang didampingi Ketua Cabang Mimika mengajar diruang kelas atau honai Mpaigelah kepada mama-mama asli daerah tersebut.

Kemudian, Kapolda bersama Ketua Bhayangkari masuk ke ruang belajar Ugimba yang merupakan ruang belajar bagi anak-anak dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengucapkan Pancasila, menyanyikan sejumlah lagu rohani dan pemberian bingkisan kepada anak-anak Taman Baca Somatua.

Selanjutnya, Kapolda dan rombongan berkunjung ke Gereja Horeb yang tidak jauh dari Taman Baca Kemala Somatua.

Rovin mewakili Ketua Yayasan Somatua menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Papua bersama Ibu atas kunjungannya di yayasan tersebut.

Menurut dia, taman baca itu merupakan inisiatif dari Ketua Bhayangkari Pusat Ibu Tito Karnavian dan kini sangat membutuhkan tenaga sukarelawan karena tidak hanya sekedar mengajar dan harus bisa menjadi contoh kepada anak-anak.

“Kami mengharapkan kerja sama ini tetap berlangsung dan terjaga dengan institusi Kepolisian. Terima kasih juga kepada Kapolres dan Kapolsek Mimika Baru yang selama ini selalu membangun komunikasi dengan baik,” kata Rovlin.

Pada momentum itu, Kapolda Papua menyampaikan terima kasih atas sumbangsih dan darma bakti yang diberikan oleh guru-guru di yayasan tersebut kepada anak-anak di Mimika.

“Kami juga punya program yang sama dengan itu dan Kapolri juga punya Program Binmas Noken yang saat ini sangat terkenal di Papua dan Polisi Pi Ajar Sekolah diharapkan Kapolres bisa sambangi mereka melalui Bhabinkamtibmas, juga Kapolsek bisa berperan karena ancaman gangguan kamtibmas disini beda dengan tempat lain sehingga bagaimana kita butuh suport oleh masyarakat,” katanya.

Kapolda berharap jajaran Polres Mimika bersinergi dengan staf Yayasan Somatua ataupun yayasan lainnya yang bergerak dalam dunia pendidikan dengan memberikan pelajaran maupun pelatihan-pelatihan kepada anak-anak. Sinergritas Polri khususnya Sat Binmas Polres Mimika bisa bekerja sama dengan staf Somatua atau dengan Yayasan lain melalui Babinkamtibmas.

“Kami disini Polda Papua, Polres Mimika bekerja untuk masyarakat dan kami adalah anggota masyarakat tetapi kami diberikan wewenang untuk memelihara kamtibmas. Jadi, ada kesalahan-kesalahan apapun dilingkungan kita, diharapkan untuk berkoordinasi langsung dengan Kapolres, Kapolsek maupun Bhabinkamtibmas yang bertugas disini,” katanya.

“Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, kalau ada masalah silang pendapat antarwarga bisa diselesaikan oleh Sat Binmas ataupun Bhabinkamtibmas tidak harus diselesaikan dengan kekerasan,” katanya lagi.

Mantan Kadiv Propam Mabes Polri itu mengaku bahagia bisa berkunjung dan menyapa anak-anak yang dibina oleh Yayasan Kemala Somatu.

“Saya bahagia bisa bertemu dengan bapak ibu sekalian dan saya tidak menyangka anak-anak bisa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Luar biasa dan ini sebuah kemajuan yang luar biasa. Biarlah mereka datang ke Taman Baca, bermain bersama bertemu dengan teman-temannya dan bertemu dengan guru gurunya seperti Tuhan Jesus mengatakan biarkanlah anak-anak itu datang kepadaKu,” katanya.

Diakhir kegiatan itu, Kapolda Papua didampaingi Ketua Bhayangkari memberikan bingkisan kepada para murid dan guru-guru yang berada di yayasan itu. Rovlin yang mewakili yayasan juga memberikan cinderamata kepada Kapolda Papua.

Kunjungan Kapolda Papua itu dilaksanakan pada Sabtu dua pekan lalu di Timika, Kabupaten Mimika, Papua.(*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: