Lanjut ke konten

10 aksi untuk penyelamatan CA Pegunungan Cycloop

Kedua, adalah menyebarluaskan informasi. Secara terus-menerus pemerintah, media massa, netizen dan semua stake holder wajib secara terus menurus mengangkat masalah lingkungan khususnya penyelamatan Cycloop agar bisa menjadi opini publik

Aktivis lingkungan Yasminta Ridhian Wasaraka

FojaOnline – Tim creatif Festival Cyloop 2018 berkesimpulan bahwa perlunya langkah atau aksi nyata untuk penyelamatan Cagar Alam (CA) Pegunungan Cycloop yang terbentang dari Kabupaten dan Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Pertama adalah penghijauan dan pemulihan ekosistem di daerah penyengga gunung Cycloop. Dimana setiap instansi, lembaga, organiasi, paguyuban, perkumpulan dan komunintas wajib menanam, merawat dan menjaga minimal 10 pohon di kawasan yang akan dipulihkan.

“10 pohon ini harus bisa hidup dan bertahan dengan perawatan yang baik selama 1 tahun penuh oleh pihak yang menanam dan aksi ini akan diperkuat dengan surat edaran dan instruksi dari pemerintah setempat,” kata Yasminta Rhidian Wasaraka, koordinator tim kreatif Festival Cycloop 2018 beberapa waktu lalu.

Kedua, adalah menyebarluaskan informasi. Secara terus-menerus pemerintah, media massa, netizen dan semua stake holder wajib secara terus menurus mengangkat masalah lingkungan khususnya penyelamatan Cycloop agar bisa menjadi opini publik.

“Para pihak terkait yang memiliki data-data mengenai CA Pegunungan Cycloop memiliki kewajiban moral untuk membaginya kepada khalayak luas dalam bentuk informasi di media massa maupun media sosial,” ujarnya.

Yang ketia, kata dia, perlunya pendidikan lingkungan. Dimana para pihak seperti BBKSDA, Kehutanan, USAID-LESTASRI, Lembaga pendidikan, lembaga pemerintah akan bekerjasama melakuan program pendidikan lingkungan di sekolah-sekolah secara berkelanjutan.

“Ini sebagai langkah awal akan dibuatkan pilot project di beberapa sekolah,” kata Yasminta yang akrab disapa Dian oleh rekan-rekannya sesama aktivis lingkungan.

Lalu, keempat, adalah pengembangan ekonomi alternatif. Pemerintah, lembaga-lembaga dunia, badan dan instansi terkait, wajib melakukan pendampingan kepada para perambah, penebang dan para pemburu satwa dikawasan CA Pegunungan Cycloop.

“Agar tidak lagi melakukan pengurusakan, perburuan dan pembukaan lahan didalam kawasan penyangga dan kawasan inti CA Pegunungan Cycloop,” katanya.

Selanjutnya, kelima, para ondoafi, ondofolo, tuan tanah dan pemerintah serta instansi terkait, tidak akan pernah memberikan rekomendasi dan ijin serta sertivikat kepada pihak-pihak yang akan mendirikan bangunan, menambang, menebang dan atau berburu dan atau pemanfaatan lain dikawasan CA Pegunungan Cycloop.

Keenam, bersama TNI, Polri,dan Satpol PP mengadakan operasi gabungan, penertiban bangunan-bangunan liar daerah -daerah yang tidak boleh dimasuki oleh aktivitas manusia. Ketujuh, menegakkan hukum bagi para pengguna, penadah dan penjual satwa ataupun tumbuhan yang berasal dari Cagar Alam Pegunungan Cycloop dan dalam prosesnya harus dilakukan secara transparan dan adil 

“Kedepalan dan kesembilan, yaitu memberikan fasilitas dan melakukan pembinaan dan penguatan kepada Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dalam melaksanakan tugasnya sebagai garda terdepan dalam menjaga CA Pegungan Cycloop. Kerangka aksi ini akan di godok bersama menjadi sebuah Program Kerja yang wajib dilaksanakan oleh semua pihak yang terkait
,” katanya.

Dan ke-10, kata dia, penganggaran program kerja ini bersumber dari pemeritah, lembaga swasta, CSR perusahaan dan partisipasi masyarakat yang peduli kepada keberlangsungan CA Pegunungan Cycloop. “Bahasanya, kalau 10 saja gak mampu ditanam dan dirawat, gak usah mimpi tanam 1.000 pohon,” kata Dian berkelakar.(*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: